Sudah Olahraga Tapi Nggak Keringetan? Ini Alasannya!

Sudah Olahraga Tapi Nggak Keringetan? Ini Alasannya!

Posted on


Berkeringat seringkali menjadi tanda bahwa seseorang telah melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Berkeringat juga memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan mood, pemulihan otot, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, jika Anda tergolong tidak berkeringat setelah berolahraga, menurut Anda apa penyebabnya? Apa efeknya pada tubuh? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Faktor penyebab tidak adanya keringat

1. Umur

Menurut ahli fisiologi Matthew Accetta, orang yang lebih tua cenderung lebih banyak berkeringat daripada anak-anak. Cuaca juga berpengaruh besar terhadap berkeringat atau tidaknya kamu, ladies. Jika Anda berolahraga dalam cuaca panas dengan kelembapan tinggi, Anda lebih mungkin berkeringat. Sebaliknya, jika cuaca dingin dan kelembapannya rendah, kemungkinan berkeringat juga rendah lho, Ladies.

2. Kurang minum

Sudah berolahraga tapi tidak berkeringat?  Itulah alasannya!
Foto: pexels.com

Jika Anda berolahraga sampai lelah tetapi tidak berkeringat, Anda mungkin mengalami dehidrasi. Dehidrasi, atau kekurangan air, adalah alasan umum mengapa seseorang jarang berkeringat. Semakin sering Anda minum dan semakin banyak air, semakin besar kemungkinan Anda berkeringat.

Baca juga: 9 Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih

Jika Anda tidak minum cukup air, tubuh Anda mudah mengalami dehidrasi saat berolahraga dan itu pasti akan berdampak buruk bagi tubuh. Gejala seperti sakit kepala, kelelahan, pusing, mulut kering, urin berwarna gelap, kram otot, dll. dapat terjadi. Oleh karena itu perlu berhati-hati dan minum air putih secara rutin setiap hari.

3. Masalah kulit

Selain dehidrasi, masalah kulit juga bisa membuat tubuh Anda tidak bisa memproduksi keringat. Pori-pori kulit Anda mungkin tersumbat. Kondisi seperti anhidrosis atau dikenal juga dengan istilah hipohidrosis, yaitu kondisi di mana kelenjar keringat tidak bekerja dengan baik, bisa membuat seseorang tidak bisa berkeringat, ladies.

Jadi meskipun Anda tidak berkeringat saat berolahraga, bukan berarti Anda memiliki masalah tertentu. Beberapa orang jarang berkeringat karena faktor tersebut, ladies. Jika Anda khawatir dan ingin lebih banyak berkeringat, disarankan untuk minum air putih yang cukup, hindari berolahraga di bawah sinar matahari langsung, dan kenakan pakaian yang cocok untuk aktivitas di luar ruangan. Jaga sportivitas wanita!

Sumber: Ringkasan kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.