Serba-serbi Kolagen yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)

Serba-serbi Kolagen yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)

Posted on


Setelah mempelajari semua tentang kolagen di sini, mari kita jelajahi beberapa manfaat kolagen lainnya, nona!

1. Membangun tulang yang lebih kuat

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Tulang mengandung banyak kolagen, tetapi seiring bertambahnya usia, protein mulai berkurang. Pada gilirannya, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kekuatan dan kepadatan tulang. Namun, dengan memasukkan suplemen kolagen ke dalam makanan Anda, Anda mungkin dapat mencegah keropos tulang dan mengurangi risiko masalah tulang, termasuk osteoporosis dan patah tulang.

2. Mengurangi nyeri sendi

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Kolagen juga bekerja dengan tulang rawan untuk menjaga sendi Anda berfungsi dengan baik. Selama bertahun-tahun, ketika persendian melemah dan kolagen berkurang, persendian menjadi kaku dan nyeri dan menempatkan Anda pada peningkatan risiko terkena osteoartritis. Kabar baiknya adalah bahwa kolagen telah terbukti mengurangi nyeri sendi pada orang yang aktif secara fisik. Kolagen juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri bagi penderita masalah persendian.

3. Memperbaiki kulit

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Kulitmu juga mengandung kolagen, ladies, yang memberikan elastisitas dan hidrasi saat masih muda. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih kendor dan berkerut karena berkurangnya kadar kolagen. Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan lebih banyak kolagen ke dalam makanan dapat meningkatkan kekencangan dan hidrasi kulit, secara signifikan mengurangi efek penuaan.

4. Rambut sehat

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Kolagen terdiri dari beberapa asam amino yang sama yang digunakan untuk membuat keratin, protein yang membentuk rambut Anda. Karena hubungan ini, ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi lebih banyak kolagen dapat membantu kesehatan rambut dengan meningkatkan pertumbuhan, mengurangi penipisan, dan memperlambat uban.

5. Meningkatkan massa otot

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Jaringan otot mengandung setidaknya 10% kolagen. Ketika kolagen dalam tubuh mulai rusak, Anda bisa kehilangan massa otot dan berpotensi mengembangkan kondisi yang disebut sarcopenia (kehilangan otot terkait usia). Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen kolagen, bersama dengan peningkatan asupan protein dan latihan ketahanan secara teratur, dapat membantu orang dengan sarkopenia membangun kembali kekuatan otot.

Kelemahan suplemen kolagen

Selain manfaat ini, suplemen kolagen juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ingat sebelum memasukkannya ke dalam rutinitas Anda.

1. Mengandung produk hewani dan terkadang alergen

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Suplemen kolagen tradisional, dan semua suplemen makanan pada umumnya, terbuat dari produk hewani, sehingga tidak cocok jika Anda sedang diet. jamu. Meskipun ada beberapa pilihan kolagen vegan di pasaran, efektivitasnya tidak sebanding dengan kolagen yang terbuat dari produk hewani. Demikian juga, jika Anda memiliki alergi makanan, pastikan untuk membaca label suplemen kolagen dengan cermat. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin mengandung alergen umum seperti ikan atau telur.

2. Studi kemanjuran terbatas

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Meskipun ada penelitian tentang efektivitas kolagen (seperti terlampir), penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Selain itu, Anda harus menyadari bahwa beberapa penelitian yang ada didanai oleh perusahaan yang memproduksi suplemen kolagen, yang dapat menimbulkan bias masalah etika.

3. Suplemen Seperti Kolagen

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Sulit untuk menemukan suplemen lain yang meniru efek kolagen karena komposisi asam aminonya berbeda dengan protein lain. Namun, Anda dapat mencoba meningkatkan asupan glisin dan prolin, asam amino utama yang terlibat dalam pembuatan kolagen. Mereka paling sering ditemukan dalam makanan kaya protein seperti daging dan unggas, dan mereka juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi kolagen karena sifat restoratifnya untuk rambut, kuku, dan kulit, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan produk keratin atau biotin, yang biasanya tersedia dalam sampo dan perawatan di salon tetapi juga dijual sebagai makanan diet. suplemen. Biotin juga ditemukan dalam makanan tertentu, termasuk kenari, kuning telur, kenari, dan alpukat.

Sumber: cnet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.