Serba-serbi Kolagen yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 1)

Serba-serbi Kolagen yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 1)

Posted on


Ladies pasti sudah merasakan berbagai manfaat kolagen melalui pemasaran berbagai produk kolagen telah dipasarkan dalam beberapa tahun terakhir. Manfaat yang diklaim tidak main-main, dari kulit bercahaya hingga persendian yang sehat hingga tulang yang kuat. Tetapi apakah klaim ini benar-benar benar?

Ternyata ya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan makanan atau suplemen kaya kolagen ke dalam asupan nutrisi Anda memberikan sejumlah manfaat dan benar-benar membantu meningkatkan kesehatan kulit, sendi, rambut, dan tulang.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kolagen sebelum memasukkannya ke dalam rutinitas kesehatan harian Anda. Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan rinci tentang kolagen, termasuk apa itu, di mana menemukannya, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan manfaat darinya.

Apa itu kolagen?

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Sebelum membahas manfaatnya, yuk cari tahu dulu, apa sih kolagen itu?

Singkatnya, kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh manusia dan membentuk sepertiga dari semua protein. Ini berfungsi sebagai blok bangunan ikat yang menyatukan otot, tendon, ligamen, tulang, dan kulit.

Ada hampir 30 jenis kolagen yang diketahui, tetapi Tipe I adalah yang paling umum (ditemukan di semua jaringan ikat dan menyumbang 90% dari semua kolagen dalam tubuh). Tipe II, III, dan IV juga umum dan ditemukan di berbagai bagian tubuh, termasuk persendian, ginjal, telinga, dan pembuluh darah.

Semuanya membawa kita ke pertanyaan terkait lainnya: untuk apa kolagen? Tubuh kita secara alami membuat kolagen dengan menggabungkan beberapa asam amino (seperti prolin dan glisin) dengan seng, vitamin C dan tembaga. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi melambat dan kolagen dalam tubuh kita mulai rusak lebih cepat.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Merangsang Produksi Kolagen, Kulit Sehat dan Muda!

Ketika ini terjadi, Anda mungkin memperhatikan bahwa kulit Anda keriput, tendon dan ligamen Anda menjadi kurang fleksibel, dan otot-otot Anda menegang. Untuk mencegah atau menunda efek ini, beberapa orang mengonsumsi kolagen (melalui makanan atau suplemen) untuk mengganti apa yang hilang dari tubuh mereka.

Tambahkan kolagen ke dalam diet Anda

Jika Anda ingin meningkatkan produksi kolagen, Anda perlu memastikan asupan nutrisi Anda termasuk makanan yang mengandung bahan-bahan penting ini:

Aneka Artikel Kolagen Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencobanya (Bagian 1)
Foto: pexels.com

  • kaldu tulang
  • Ikan dan kerang
  • Ayam
  • Kulit
  • telur
  • Kacang polong
  • berbagai macam jeruk
  • Paprika
  • Gila

Makan kombinasi seimbang dari makanan ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolagen Anda. Namun, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen (biasanya dalam bentuk bubuk atau kapsul) jika Anda tidak mendapatkan cukup kolagen dari makanan saja.

Untuk hasil terbaik, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen kolagen satu jam sebelum berolahraga, tetapi selalu periksa labelnya dan bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai rutinitas kesehatan yang baru.

Lantas apa sebenarnya manfaat kolagen ini? Nantikan review dari bagian kedua! Nantikan MeraMuda!

Sumber: cnet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.