Sayuran Hijau Kale, Makanan Super yang Kaya Akan Nutrisi

Sayuran Hijau Kale, Makanan Super yang Kaya Akan Nutrisi

Posted on


Sayuran hijau merupakan menu makanan yang direkomendasikan oleh semua pakar kesehatan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan tersebut diperlukan agar semua organ tubuh tetap terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, hanya saja Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa usia Anda, jenis kelamin Anda, dan aktivitas apa yang Anda lakukan setiap hari. Kalau menurut aturan, paling tidak butuh tiga cangkir seminggu.

Jika Anda bertanya, mana yang harus Anda makan? Jadi kami bisa merekomendasikan kangkung, masih terdengar asing bukan? Sayuran ini merupakan persilangan antara kubis, brokoli, kubis Brussel dan kembang kol.

Mengenal Kubis Hijau

Kale dengan sayuran hijau, makanan super kaya nutrisi
Sumber: lifestyle.okezone.com

Nama kangkung sendiri merupakan makanan super, kenapa? Menurut penelitian, kandungan nutrisinya sangat melimpah. Menariknya, tidak perlu dimasak, bisa dimakan mentah, dan sering dipadukan dengan salad atau dibuat smoothie.

Kandungan nutrisi ini sendiri terdiri dari sumber vitamin A, C, K dan B. Tak hanya itu, masih ada kalsium, mangan, magnesium, tembaga hingga kalium. Sedangkan jumlah kalorinya saja hanya 7.

Mengingat sumber nutrisi ini, tidak mengherankan jika beberapa dokter menyarankan Anda untuk memanfaatkannya. Plus, mereka memiliki antioksidan tingkat tinggi yang membantu melawan kerusakan oksidatif. Akibat radikal bebas.

Apa fungsinya? Jika dimakan, rasanya agak pahit. Karena itu, jika ingin menikmatinya, Anda harus menambahkan menu lain, seperti daging sapi atau ayam, dan masih banyak kreasi lainnya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah makanan ini enak disantap saat dimasak? Karena, saat kita jelaskan di awal kita bisa mengapresiasi mentah-mentah. Bahkan bisa, sayangnya, jika dimasak, sebagian kandungannya akan berkurang.

Baca juga: 8 makanan yang harus dimakan mentah

Misalnya antioksidan, vitamin C dan mineral, dengan cara ini penyerapan dalam tubuh juga sangat rendah. Namun, jika Anda tetap ingin memasak, cara yang paling tepat adalah dengan mengukusnya, bukan menggoreng atau menumisnya.

Saat mengukus dianjurkan jangan terlalu lama, minimal 5 menit sudah cukup agar kandungan nutrisinya terjaga dengan baik, bagaimana kalau membeli dan menikmatinya? Jika masih ragu, mari kita lihat apa saja kelebihannya.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan

Kale dengan sayuran hijau, makanan super kaya nutrisi
Sumber: alodokter.com

Sawi hijau memiliki berbagai manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh, terutama bagi Anda yang sedang diet. Hal ini terjadi karena pengaruh kandungan kalori yang sangat tinggi.

Keadaan ini memberikan rasa kenyang yang lama, selain sangat kaya akan serat. Dari kedua bahan tersebut, terbukti dengan memanfaatkannya mampu memberikan dampak efektif minimal 30% dalam program penurunan berat badan.

Kubis hijau juga bermanfaat sebagai menu untuk mencegah kanker. Dalam penelitian lebih lanjut, beberapa ilmuwan menemukan adanya sulforaphane, zat yang mampu melawan pembentukan sel kanker.

Ada lagi zat indole 3 carbinol yang merupakan senyawa efektif yang berperan dalam memerangi kanker, terutama untuk payudara. Apakah itu berhenti di situ? Belum, bagi penderita penyakit jantung juga baik.

Saat Anda menikmatinya, kangkung mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Hal ini disebabkan adanya sekuestran asam empedu. Tidak hanya dimakan, Anda juga bisa menikmatinya dalam jus.

Hasilnya cukup efektif, dalam 12 hari bila konsumsi rutin akan menurunkan kolesterol jahat sebesar 27%. Sayangnya, jangan berlebihan, karena ada efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak.

Efek Samping Sayuran Kale

Kale dengan sayuran hijau, makanan super kaya nutrisi
Sumber: hot.liputan6.com

Sayuran hijau ini mengandung goitrogen, jika dikonsumsi terus menerus dapat mempengaruhi fungsi tiroid dan dapat mempengaruhi penyerapan yodium dalam tubuh, hal ini cukup berbahaya.

Seperti diketahui, peran tiroid sendiri bagi tubuh sangat penting sebagai pengatur metabolisme. Selain itu, organ ini juga mengatur kepekaan terhadap dingin, penambahan berat badan dan energi tubuh.

Pada dasarnya, ini terjadi karena konsumsi sayuran mentah. Namun beberapa peneliti juga menyebutkan, bagi yang belum terkena gangguan tiroid, konsumsi saja tidak menjadi masalah.

Kecuali, dari awal memang ada masalah. Jadi usahakan merebusnya terlebih dahulu, jangan terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak terbuang percuma. Bagaimana Anda siap membeli daun kangkung tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *