Perbedaan Panic Attack dan Anxiety Attack

Perbedaan Panic Attack dan Anxiety Attack

Posted on


Ada banyak gejala serupa antara serangan panik dan serangan kecemasan. Anda mungkin telah berbicara tentang serangan panik yang ternyata menjadi serangan kecemasan. Kalau kamu bingung dengan keduanya, simak rangkuman berikut ini, ladies!

Memahami serangan kecemasan

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, Edisi ke-5 (DSM-5) tidak menyebutkan serangan kecemasantapi ada artinya kecemasan. Kecemasan atau kecemasan biasanya berhubungan dengan kondisi stres dan dapat terjadi secara bertahap. Beberapa diagnosis dari serangan kecemasan yang berarti gejala yang terjadi cukup luas.

Apa itu serangan panik?

Serangan panik terjadi sangat tiba-tiba dan berhubungan dengan ketakutan yang sangat kuat dan hebat. Biasanya serangan panik Bisa juga dilihat secara fisik, seperti detak jantung yang cepat, sesak napas, dan mual.

Baca Juga: Rutinitas 5 Menit Berikut Ini Bisa Atasi Kecemasan Sebelum Tidur

Perbedaan antara serangan kecemasan dan serangan panik

Perbedaan Antara Serangan Panik dan Serangan Kecemasan
Foto: pexels.com

Kedua jenis kecemasan ini tampak sangat mirip karena memiliki banyak gejala fisik dan emosional yang sama. Anda juga dapat bereksperimen kecemasan dan serangan panik pada suatu waktu. Misalnya, Anda mungkin merasa cemas karena khawatir dengan situasi yang membuat stres seperti presentasi penting. Ketika situasi ini terjadi, kecemasan dapat berubah menjadi serangan panik.

Secara singkat, perbedaan berikut antara keduanya dapat dipertimbangkan sebagai berikut:

Berbasis penyebab

Kecemasan biasanya terjadi ketika ada sesuatu yang mengancam dan membuat stres. Serangan panik bisa terjadi tanpa pemicu dan bisa datang tiba-tiba.

level stres

Kecemasan dapat terjadi dengan gejala ringan, sedang, dan berat. Sedangkan gejala serangan panik biasanya datang dengan sangat cepat dan parah.

melawan atau lari

Saat serangan panik terjadi, tubuh berada dalam kondisi fight or flight. Gejala fisik juga lebih terlihat daripada serangan kecemasan.

Waktu berlalu

Kecemasan datang secara bertahap dan sebagai akumulasi sementara serangan panik datang tiba-tiba dan cepat.

Cara yang paling direkomendasikan untuk mengobati serangan panik dan serangan kecemasan adalah menemui terapis. Terapis biasanya akan menyarankan pilihan pengobatan seperti CBT (cognitive-behavioral therapy), teknik relaksasi, obat-obatan, atau obat resep.

Sumber: Jalur Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *