Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Ini Pandangan Ahli

Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Ini Pandangan Ahli

Posted on


Ada yang bilang makan sebelum olahraga itu tidak baik. Ada juga yang mengatakan tidak makan setelah berolahraga. Jadi lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? Daripada bingung, yuk simak ulasan kami ini, ladies!

Makan sebelum olahraga

Makanan pra-olahraga berfungsi sebagai energi saat Anda berolahraga. Jika Anda belum makan lebih dari 10 jam, tubuh Anda akan memasuki mode puasa dan tubuh Anda akan menyimpan gula yang terbakar sebagai energi dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan cepat lelah dan membakar lebih sedikit gula.

Makan sebelum atau sesudah olahraga?  Ini adalah pandangan ahli
Foto: pexels.com

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat yang cepat menyerap dan yang lambat menyerap sebelum berolahraga. Karbohidrat yang mudah diserap seperti jus buah dan lambat diserap seperti oatmeal. Anda juga bisa makan pisang atau granola batangan jika Anda khawatir akan terlalu kenyang untuk berolahraga. Jika Anda berlatih mengangkat beban atau kekuatan inti Di sisi lain, disarankan untuk menambahkan protein ke dalam makanan Anda.

Waktu yang tepat untuk makan sebelum berolahraga

Jika Anda hanya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, Anda bisa makan 30 hingga 1 jam sebelum berolahraga. Berbeda halnya saat Anda berolahraga dengan giat, Anda bisa makan 2 jam lebih awal. Waktu ini berguna untuk mencerna makanan dan memecah karbohidrat.

Baca Juga: Olahraga Bikin Badan Sakit, Normal atau Tidak?

Makan setelah berolahraga

Makanan setelah berolahraga sangat membantu dalam menggantikan energi yang hilang dalam tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi kombinasi protein dan karbohidrat setelah berolahraga untuk menggantikan massa otot dan gula yang hilang. Apalagi jika Anda melakukan angkat beban. Penyebabnya adalah otot terkadang robek saat mengangkat beban karena membutuhkan nutrisi protein untuk memulihkannya.

Makan sebelum atau sesudah olahraga?  Ini adalah pandangan ahli
Foto: pexels.com

Jika Anda hanya melakukan kardio, Anda hanya bisa mengonsumsi karbohidrat dari sumber nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan pati lainnya seperti kentang. Jika ragu, kombinasi karbohidrat dan protein adalah pilihan terbaik. Karbohidrat seperti sayuran, protein sehat dan minyak yang mengandung omega 3 dianjurkan sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi.

Waktu yang tepat untuk makan setelah berolahraga

Anda mungkin tidak langsung merasa lapar setelah berolahraga karena adrenalin masih terpacu. Waktu makan yang baik adalah sekitar 1 jam setelah berolahraga. Namun, jika Anda berolahraga dengan tujuan tertentu seperti membangun massa otot, disarankan agar Anda makan 20 menit hingga 1 jam setelah berolahraga.

Jadi intinya, makan sebelum dan sesudah olahraga itu penting lho, ladies. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda sebelum melakukan aktivitas fisik. Pastikan juga menu makanan yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber: Mendorong dengan cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published.