Kamu Tim Introvert? Ini Cara Hindari Social Exhaustion Tanpa Ghosting Teman atau Keluarga 

Kamu Tim Introvert? Ini Cara Hindari Social Exhaustion Tanpa Ghosting Teman atau Keluarga 

Posted on


Membuat tertutup, berada di keramaian dalam waktu lama bisa menguras tenaganya. Untuk mendapatkannya kembali, dia membutuhkan waktu pribadi, lakukan apa yang Anda inginkan sendirian, tanpa gangguan. Sayangnya, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Aktivitas sehari-hari yang padat membuat waktu untuk menyendiri menjadi hal yang langka. Tapi, untungnya buat kamu yang termasuk tim introvert, berikut cara-cara untuk tetap bersosialisasi sambil menghindari kelelahan sosialWanita!

Jujurlah tentang bagaimana perasaan Anda tentang orang yang Anda cintai

Bersikap jujur ​​dapat membantu Anda menemukan kenyamanan dalam berhubungan dengan orang lain tanpa harus terlalu banyak mengobrol. Misalnya, memberi tahu orang-orang bahwa pada titik tertentu bersosialisasi dapat menguras energi Anda bisa menjadi langkah pertama.

Jika Anda masih merasa tidak nyaman, psikolog Laurie Helgoe menyarankan untuk menuliskannya di jurnal terlebih dahulu. Tuangkan pikiran jujur ​​ke dalam diri Anda tentang bersosialisasi. Ini akan membantu Anda menjadi lebih nyaman dengan kenyataan, menemukan kenyamanan dan wawasan di dalamnya.

Jadwalkan hari bersosialisasi dan tidak bersosialisasi

Mengelompokkan acara sosial pada hari-hari tertentu akan membantu Anda mengurangi potensi kejadian kelelahan sosial. Jadi, ada hari-hari di mana Anda akan menghabiskan waktu dan energi untuk bersosialisasi. Lalu ada juga hari-hari di mana Anda bisa beristirahat, kembali mengisi energi dengan aktivitas yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh. Keberhasilan atau kegagalan metode ini dapat diketahui dengan mengamati bagaimana perasaan pikiran dan tubuh Anda.

Apakah kamu termasuk tim introvert?  Inilah cara menghindari kejenuhan sosial tanpa ghosting dengan teman atau keluarga
Sumber: Freepik.com

Berikan setiap aktivitas sosial istirahat

Bahkan jika Anda memiliki kegiatan sosial yang dikelompokkan bersama pada hari-hari tertentu, sebisa mungkin hindari menumpuknya di waktu sibuk. Berikan setidaknya 30 menit istirahat dari setiap kegiatan sosial.

Waktu luang ini akan membantu Anda isi ulang energi. Pada saat yang sama, kegiatan selama istirahat ini juga akan memberikan materi menarik yang dapat Anda bicarakan dengan teman-teman.

Baca juga: Tips untuk introvert saat bekerja dalam tim

Cocokkan aktivitas sosial dengan minat atau nilai yang Anda yakini

Bagi seorang introvert, aktivitas sosial apa pun akan menguras energi sosial dalam dirinya. Namun, efek ini dapat dikurangi jika ia terlibat dalam kegiatan yang konsisten dengan minat atau nilai-nilainya. Misalnya menghadiri acara teman atau talk show buku dan acara lain yang berkaitan dengan minat pribadi.

Namun, dalam praktiknya, disarankan juga untuk memberikan preferensi pada aktivitas sederhana yang menghabiskan sedikit energi sosial dalam diri mereka. Dengan cara ini Anda dapat memastikan Anda tetap terlibat dalam acara sosial, sekaligus mengurangi risiko kelelahan sosial tetap rendah.

Ciptakan ketenangan di tengah keramaian

Setelah melakukan perencanaan seperti ini, terkadang ada aktivitas yang akhirnya menguras energi sosial dalam tubuh. Jika ini terjadi, lakukanlah nafas kepompong. Caranya, tarik napas dalam-dalam, dan jika sedang sendiri, tutup kelopak mata saat menghembuskan napas. Pada napas Anda berikutnya, bayangkan kelopak mata Anda perlahan menutup. Kemudian, pada napas berikutnya, bayangkan bahu Anda turun.

Singkatnya, bayangkan bahwa dengan setiap napas, setiap bagian tubuh perlahan-lahan rileks. Kemudian tarik napas dalam-dalam dan buka mata Anda. Teknik ini juga bisa Anda praktikkan saat berada di keramaian yang menguras energi. Teknik ini akan memberi Anda privasi dan relaksasi, bahkan saat mata Anda terbuka. Semoga beruntung!

Sumber: Bagus dan Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.