Jangan Biarkan Eksim Menghalangimu Berolahraga, Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini

Jangan Biarkan Eksim Menghalangimu Berolahraga, Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini

Posted on


Setiap orang dengan eksim memiliki pemicunya sendiri, tetapi salah satu yang paling umum adalah olahraga.

“Olahraga dapat berarti lebih banyak aktivitas di luar ruangan dengan serbuk sari, gulma, dan rumput,” yang semuanya dapat menjadi alergen pemicu eksim, catat dokter kulit Calvin Williams, MD, direktur medis Essential Dermatology Group. “Atau, berolahraga bisa berarti terpapar ke tempat-tempat seperti tikar gym, di mana mikroba suka berkoloni, yang juga bisa menyebabkan jerawat.”

Secara spesifik, tubuh kita secara alami memproduksi keringat untuk membantu mendinginkan tubuh saat kita berolahraga. Dan beberapa kandungan keringat (natrium klorida, urea, laktat) dapat mengiritasi kulit kita dan memperparah gejala seperti gatal-gatal. Menurut Dr. Williams, “Keringat adalah salah satu pemicu eksim yang paling sering dilaporkan.”

Tentu saja, karena kebugaran adalah bagian penting untuk tetap sehat, menghilangkan olahraga sama sekali biasanya bukan solusi yang baik. Dan bahkan dapat membantu sebagai bagian dari strategi jangka panjang. “Hubungan antara eksim dan stres sangat jelas, dan kita tahu bahwa olahraga dapat mengurangi stres dan kecemasan,” kata Dr. Williams. Karena itu, katanya, olahraga teratur bahkan bisa mengurangi kambuhnya eksim pada beberapa pasien.

Cara berolahraga dengan nyaman dengan eksim

Alih-alih berhenti berolahraga sama sekali, pendekatan terbaik adalah melakukan sedikit pekerjaan detektif dan pemecahan masalah untuk mengurangi potensi iritasi kulit. Simak ulasannya di bawah ini, ladies!

1. Identifikasi pemicu

Dr Williams merekomendasikan penderita eksim mencoba untuk mencari tahu bagian mana dari olahraga yang menyebabkan flare-up sehingga mereka dapat menemukan cara-cara kreatif untuk menghindarinya. Misalnya, mengenakan celana panjang saat berlari di luar ruangan dapat membantu menghindari menyentuh kaki Anda dengan sol secara tidak sengaja.

2. Perbanyak minum air putih

Jangan biarkan eksim menghalangi Anda berolahraga.  Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini
Foto: pexels.com

Tetap terhidrasi selama berolahraga selalu penting, tetapi terlebih lagi bagi mereka yang menderita eksim. “Pasien dengan eksim sudah memiliki masalah dengan dehidrasi epidermal,” kata Dr. Williams.

3. Kenakan kain alami

Jangan biarkan eksim menghalangi Anda berolahraga.  Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini
Foto: pexels.com

Jika keringat mengiritasi eksim Anda, kenakan pakaian alami. Mengenakan bahan sintetis yang menjebak keringat di kulit dapat menyebabkan lebih banyak iritasi. “Bahan-bahan alami dapat memungkinkan aliran udara dan penyerapan keringat yang lebih baik, mengurangi kontak keringat yang berkepanjangan langsung pada kulit,” kata Dr. Williams. Pertimbangkan kapas, kapas bambu atau bahkan wol.

4. Bersihkan semua keset sebelum digunakan

Jangan biarkan eksim menghalangi Anda berolahraga.  Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini
Foto: pexels.com

Desinfeksi peralatan olahraga Anda atau yang akan Anda gunakan dengan semprotan antimikroba sebelum menggunakannya. Rutinitas ini dapat membantu mencegah infeksi yang memicu suar. Gagal memastikan bahwa peralatan di gym umum, seperti gym, telah dibersihkan dengan benar oleh mantan pengunjung gym.

5. Bersihkan keringat

Jangan biarkan eksim menghalangi Anda berolahraga.  Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini
Foto: pexels.com

“Jika keringat menyebabkan iritasi, menyimpan handuk bersih di dekat Anda untuk menghapus keringat dengan lembut bisa menjadi cara untuk membantu mengurangi rasa gatal,” saran Dr. Williams.

Baca juga: Ketahui tentang eksim dan perawatan terbaik untuk mengobatinya

6. Kelola paparan klorin

Jangan biarkan eksim menghalangi Anda berolahraga.  Coba 7 Tips Dokter Kulit Ini
Foto: pexels.com

Klorin dikenal sebagai iritan kulit, bahkan pada kulit yang bebas eksim. Namun bukan berarti Anda harus menghindari kolam renang. “Paparan singkat ke kolam klorin berpotensi membantu dan memiliki efek yang sama seperti mandi dengan pemutih encer,” kata Dr. Williams. Pastikan kadar klorin di kolam terjaga dengan baik dan segera lepaskan pakaian renang Anda dan bilas tubuh Anda dengan air jernih segera setelah Anda selesai berenang. “Banyak iritasi dan gatal dapat terjadi jika air yang mengandung klor mengering di kulit Anda,” Dr. Williams memperingatkan.

7. Lindungi kulit dengan krim

Terakhir, Dr. Williams menyarankan untuk menerapkan pelindung kulit sebelum dan sesudah berolahraga: “Krim emolien kental seperti Cetaphil, Cerave atau Eucerin dapat membantu melindungi pelindung kulit.”

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk tetap berolahraga meski sedang mengalami eksim ya ladies. Bersemangat untuk mencoba!

Sumber: wellandgood.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *