Inilah yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Post-Traumatic Relationship Syndrome (Bagian 2)

Inilah yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Post-Traumatic Relationship Syndrome (Bagian 2)

Posted on


Sejak tahun 2003, muncul wacana untuk memisahkan PTSD dari PTRS, yang lebih khusus dialami oleh para penyintas hubungan asmara yang melecehkan. Apa perbedaan antara dua keadaan traumatis ini? Simak ulasannya di bawah ini, ladies!

Jadi apa perbedaan antara PTRS dan PTSD?

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sindrom hubungan pasca-trauma (bagian 2)
Foto: pexels.com

Jika PTRS sangat mirip dengan PTSD, mengapa perlu subkategori sendiri? Nah, ternyata ada perbedaan di antara keduanya.

“Orang dengan PTRS mengalami gejala relasional alih-alih gejala penghindaran karakteristik yang terkait dengan diagnosis PTSD atau CPTSD,” kata Nichols.

Untuk memecahnya sedikit, orang dengan PTSD atau CPTSD (PTSD kompleks) cenderung menghindari hal-hal yang berhubungan dengan atau mengingatkan mereka akan trauma mereka. Misalnya, tempat, peristiwa atau bahkan pikiran dan perasaan. Ini belum tentu terjadi pada orang dengan PTRS, menurut sebuah penelitian.

Sementara itu, orang dengan PTRS mengalami serangkaian gejala yang berbeda yang secara khusus terkait dengan hubungan mereka dengan orang lain. Ini termasuk kesulitan mempercayai orang lain, kesepian atau isolasi, melompat ke dalam hubungan baru, rasa malu, rasa bersalah, menyalahkan diri sendiri, dan percaya bahwa dunia tidak aman. Ini mungkin akibat dari bagaimana dia terluka dalam hubungan itu.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sindrom hubungan pasca-trauma (bagian 2)
Foto: pexels.com

Memang ada beberapa tumpang tindih antara PTRS dan gejala PTSD lainnya.

Kedua kondisi menyiratkan menghidupkan kembali gejalanya (seperti memiliki kilas balik atau ingatan atau mimpi yang berulang tentang trauma mereka) dan apa yang disebut gejala gairah dan reaktivitas (seperti merasa mudah terkejut atau tegang, atau merasa mudah marah atau meledak). “Mungkin juga seseorang memiliki kedua kondisi tersebut,” tambah Nichols.

Namun, Scott mengatakan individu tidak boleh terlalu fokus untuk mendapatkan diagnosis yang tepat sebelum mencari bantuan karena traumanya kompleks. Gejala dan pengalaman setiap orang akan berbeda.

“Pengalaman klinis saya dalam mengobati trauma adalah tidak ada perbaikan cepat, terlepas dari penyebab cederanya,” katanya. “Respons traumatis umum dari penghindaran, pikiran dan ingatan yang mengganggu, peningkatan aktivasi sistem saraf, dan perubahan suasana hati yang negatif akan berbeda untuk setiap klien dan setiap pemicu.”

Sebaliknya, Scott mengatakan fokus utama seharusnya adalah mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. “Secara umum, saya akan mengatakan bahwa trauma dan kesedihan dapat muncul sebagai gejala yang tumpang tindih. Jadi ada baiknya jika itu memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang untuk membicarakannya dengan seorang profesional.”

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi PTRS?

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sindrom hubungan pasca-trauma (bagian 2)
Foto: pexels.com

Sayangnya, gejala-gejala tersebut dapat berlangsung cukup lama, terutama bila tidak diobati, dan tidak ada batasan waktu. “Sebagian besar gejala dapat dikelola, di mana mereka tidak memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, tetapi pemicunya masih ada dan dapat muncul kapan saja,” kata Scott. “Biasanya, orang paling responsif antara satu dan enam bulan setelah trauma, tetapi aktivasi naik dan turun sepanjang hidup dan bisa menjadi siklus.”

Jadi bagaimana Anda bisa mengatasinya? Pertama, Nichols merekomendasikan untuk menemukan terapis yang mendapat informasi trauma untuk mendiagnosis dan, yang paling penting, menerima perawatan yang tepat. Dia mengatakan untuk menemukan terapis yang memiliki pelatihan di paparan jangka panjang (PE), Desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata (EMDR), terapi pemrosesan kognitif (PTC) atau terapi perilaku kognitif yang berfokus pada trauma (TF-CBT), karena bentuk terapi ini telah terbukti membantu orang memproses dan mengatasi peristiwa traumatis. Scott mempraktikkan kerja trauma somatik dan brainspotting, dan mengatakan EMDR, terapi naratif, yoga terapeutik, dan terapi kelompok juga merupakan pilihan yang populer.

Untuk mengetahui tipe mana yang terbaik untuk Anda, Anda bisa mendiskusikannya dengan terapis saat pertemuan pertama Anda. Ada kemungkinan bahwa jenis terapi tertentu dapat membantu Anda, jadi jangan berusaha terlalu keras untuk menemukan yang tepat pertama kali.

Ingatlah bahwa hubungan yang Anda miliki dengan terapis Anda adalah yang paling penting.

“Seperti dalam semua hubungan terapeutik, yang penting adalah klien merasa aman dan didukung, dan ada hubungan baik,” kata Scott. Mungkin butuh beberapa saat untuk menemukan terapis yang tepat, tapi tidak apa-apa, jalani saja prosesnya, ladies.

Nicols juga menyarankan membangun sistem pendukung orang kuat yang Anda yakini, melibatkan diri dalam perawatan diri, menetapkan batasan, dan berusaha merasa senyaman mungkin di mana pun.

Scott menambahkan pentingnya minum obat sesuai kebutuhan dan mempelajari keterampilan dasar. Contoh teknik penahan adalah metode 5-4-3-2-1, di mana Anda membuat daftar lima hal yang dapat Anda lihat, empat hal yang dapat Anda dengar, tiga hal yang dapat Anda rasakan, dua hal yang dapat Anda cium, dan satu hal yang dapat Anda rasakan. bau. dapat merasakan (atau bersyukur).

Menyembuhkan dari hubungan yang kasar itu membosankan. Tidak ada yang seharusnya mengalami apa yang Anda alami, apakah itu pasangan Anda atau kondisi Anda setelah putus cinta. Cobalah berdamai dengan diri sendiri. Perasaan Anda valid dan Anda pantas mendapatkan dukungan, nona.

Sumber: wellandgood.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.