Cara Terapi Warna Untuk Kesehatan Mental di Rumah

Cara Terapi Warna Untuk Kesehatan Mental di Rumah

Posted on


Chromotherapy atau disebut juga kromoterapi adalah terapi yang menggunakan warna dan cahaya untuk mengatasi masalah kesehatan fisik dan mental. Terapi ini sudah ada sejak Mesir kuno. Dulu, mereka menggunakan ruangan yang dipenuhi kaca patri yang terpapar sinar matahari untuk tujuan terapeutik. Jadi sekarang kamu bisa melakukan chromotherapy untuk kewarasanmu juga, ladies. Bagaimana melakukan? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

Jenis terapi warna

Cara Melakukan Terapi Chroma untuk Kesehatan Mental di Rumah
Foto: pexels

Dalam chromotherapy, setiap warna diyakini memiliki efek yang berbeda.

  • Merah : memberikan energi terutama bagi yang sedang lelah. Namun, warna merah juga bisa memicu perilaku agresif pada mereka yang sedang tegang.
  • Biru: Warna ini digunakan untuk mengurangi gejala depresi dan saat merasa tidak enak badan. Biru tua juga memiliki fungsi sedatif dan digunakan untuk membantu mengobati insomnia dan masalah tidur lainnya.
  • Hijau: Hijau adalah warna alam dan digunakan untuk bersantai dan mengurangi stres.
  • Kuning: Digunakan untuk meningkatkan suasana hati dan memicu perasaan senang dan optimis.
  • Oranye: Seperti kuning, oranye digunakan untuk memicu perasaan bahagia. Warna terang dan hangat juga membantu meningkatkan nafsu makan dan aktivitas mental.

Teknik kromoterapi

Ada dua teknik kromoterapi utama. Pertama, dengan melihat langsung warna-warna tertentu. Cara kedua adalah dengan menyinari warna tertentu pada area tubuh tertentu. Terapis warna percaya bahwa warna dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata atau melalui kulit. Setiap warna memiliki panjang gelombang tertentu yang unik dan dapat memicu perubahan pada tubuh. Warna hangat umumnya digunakan untuk memicu efek tertentu sedangkan warna dingin digunakan untuk memberikan efek menenangkan.

Baca juga: 5 Cara Agar Mata Tetap Sehat, Yuk Mulai Terapkan!

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Cara Melakukan Terapi Chroma untuk Kesehatan Mental di Rumah
Foto: pexels

Meskipun terapi warna dapat membantu secara umum, setiap orang memiliki kondisi yang unik. Akan ada kemungkinan warna yang seharusnya memberikan rasa tenang justru menunjukkan kecemasan.

Bagaimana melakukan kromoterapi

  • Menghilangkan semua cahaya biru dari gadget. Baik dari laptop, handphone atau TV. Anda juga dapat menggunakan kacamata pemblokir cahaya biru jika Anda membutuhkannya.
  • Lihatlah alam di sekitar Anda, warna hijau alam berupa dedaunan dan rerumputan dapat memberikan perasaan rileks dan positif.
  • Saat memilih warna baju, warna ruangan dan segala hal tentang warna dalam hidup Anda, Anda bisa memilih warna sesuai dengan efek yang Anda inginkan.

Nah, cukup mudah untuk melakukan terapi warna ini. Semoga berhasil, nona!

Sumber: Dipikirkan dengan sangat baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *