Berjalan 2 Menit Setelah Makan Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Berjalan 2 Menit Setelah Makan Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Posted on


Sebuah studi baru dari University of Limerick di Irlandia telah menemukan sesuatu yang baru tentang diabetes. Menurut 7 penelitian yang dilakukan, berjalan kaki 2 menit setelah makan dapat menurunkan gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berjalan selama 2-5 menit setiap 20-30 menit setiap hari. Para peserta juga dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu mereka yang menderita diabetes dan yang tidak. Bagaimana hasilnya?

Pandangan ahli

Harley Needs, PhD, atlet, pelatih dan psikolog olahraga mengatakan glukosa darah yang didapat dari konsumsi makanan akan digunakan saat tubuh berjalan. Semakin baik aliran darah di dalam tubuh, maka semakin sehat pula organ-organ di dalamnya. Amber Kivett, LAT, ATC, CSCS, FMS, FMT, presiden Kivett Kinetic Solutions, mengatakan ada berbagai manfaat berjalan setelah makan bagi penderita diabetes dan mereka yang tidak. Manfaat ini meliputi:

  • Membantu pencernaan
  • Membantu sistem limfatik
  • Melancarkan peredaran darah
  • Melepaskan hormon “bahagia” yaitu dopamin, oksitosin, serotonin dan endorfin alami yang dapat mengurangi stres dalam tubuh
  • Meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh dan meminimalkan stimulasi kortisol
  • Mengurangi peradangan dengan menurunkan hormon stres

Baca juga:

Jangan lari, studi menemukan berjalan lambat dapat membakar lebih banyak lemak

Disarankan untuk berjalan setelah makan

Jalan kaki 2 menit setelah makan dapat mengurangi risiko diabetes
Foto: pexels.com

Lakukan ini 60-90 menit setelah makan. Saat itu, gula darah sedang tinggi. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas sambil berjalan, seperti mendengarkan buku audio, menonton serial favorit, atau mendengarkan musik. Cukup 2-3 lagu saja untuk menemani waktu jalan-jalan Anda yang singkat. Selain jalan kaki, Anda bisa melakukan aktivitas fisik alternatif seperti:

  • Menari selama iklan
  • Berjalan di tempat sambil mencuci piring
  • Lakukan jumping jacks sambil menunggu air mendidih
  • Mengangkat keranjang cucian di masing-masing tangan secara bergantian seperti mengangkat beban
  • Berjalan-jalan menelepon
  • Gunakan alarm untuk mengingatkan Anda untuk melakukan peregangan 5 menit setiap jam

Hal ini bisa Anda lakukan sebagai rutinitas setelah makan, ladies. Jalan kaki minimal 2 menit dan tubuh Anda akan lebih sehat!

Sumber: Garis kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.