Apa Makna dari ‘Tidur Berkualitas’? Bagaimana Cara Mendapatkannya? Cari Tahu Hanya di Sini!

Apa Makna dari ‘Tidur Berkualitas’? Bagaimana Cara Mendapatkannya? Cari Tahu Hanya di Sini!

Posted on


Kita semua tahu pentingnya tidur, tetapi faktanya orang Indonesia hanya tidur sekitar 6-6,5 jam. Padahal, orang dewasa harus tidur selama 7-8 jam. Namun, meski sudah tidur selama 7-8 jam, apakah Anda yakin mendapatkan tidur yang berkualitas?

Kurang tidur telah dikaitkan dengan diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas dan depresi. Ketika Anda kurang tidur, Anda dapat dengan mudah membuat kesalahan di tempat kerja dan bahkan mengalami kecelakaan mobil.

Kurang tidur malam dapat merusak suasana hati Anda pada hari berikutnya, tetapi seiring waktu itu dapat memengaruhi kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

Apa yang dimaksud dengan
foto: pexels

Saat Anda tidur, sistem saraf parasimpatis memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah Anda, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute). Sistem kekebalan Anda bekerja keras saat Anda tidur untuk melindungi Anda dari penyakit.

Kualitas tidur juga memengaruhi cara tubuh Anda menangani lemak, dan jika kualitas tidur Anda buruk, Anda cenderung menginginkan makanan yang tidak sehat. Bahkan jika Anda tidur beberapa jam setiap malam, kualitas tidur Anda dapat membuat perbedaan.

Hmm… apa sih tidur yang berkualitas itu? Simak ulasannya di bawah ini, ladies!

Perhitungan kualitas tidur Anda

Menurut National Sleep Foundation, kuantitas tidur adalah jumlah jam yang Anda dapatkan, tetapi kualitas tidur adalah apa yang terjadi selama jam-jam tersebut.

Kualitas tidur berkaitan dengan kualitas tidur Anda. Kualitas tidur terkait dengan latensi tidur, yaitu seberapa cepat Anda tertidur. Idealnya, Anda harus tertidur dalam waktu 30 menit setelah menurunkan seprai.

Berapa kali Anda bangun di malam hari juga berkontribusi pada kualitas tidur Anda. Itu normal untuk bangun sekali di malam hari, tetapi lebih dari itu menunjukkan kualitas yang buruk. Jika Anda bangun sepanjang malam, kualitas total tidur Anda tergantung pada berapa menit Anda terjaga di malam hari. Efisiensi tidur merupakan indikator kualitas tidur dan dapat dihitung dengan mudah.

Mulailah dengan waktu yang Anda habiskan di tempat tidur, lalu kurangi waktu yang Anda butuhkan untuk tertidur dan jumlah menit Anda terjaga malam itu. Ambil angka itu dan bagi dengan total waktu yang Anda habiskan di tempat tidur, lalu kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentasenya.

Apa pun yang lebih dari 85% dianggap baik, sehingga Anda dapat mengatakan bahwa Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Misalnya, jika Anda menghabiskan delapan jam di tempat tidur dan Anda membutuhkan waktu 30 menit untuk tertidur dan Anda bangun selama 30 menit, itu adalah tujuh jam tidur. Membagi angka itu dengan delapan jam menghasilkan skor efisiensi tidur 87,5%.

Baca juga: 12 tips menjaga kebersihan tidur agar tidur lebih nyenyak!

Dapatkan kualitas tidur yang lebih baik

Apa yang dimaksud dengan
foto: pexels

National Sleep Foundation mengatakan Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan menetapkan waktu yang teratur untuk tidur dan bangun serta mengikuti jadwal tersebut di akhir pekan.

Hindari menonton TV atau menggunakan ponsel sebelum tidur, karena cahaya biru dari layar ini mengirimkan sinyal ke otak bahwa ini masih siang. Ritual sebelum tidur setiap malam untuk membantu Anda rileks akan mengajari tubuh Anda kapan waktunya untuk tidur.

Jika Anda minum alkohol, hindari meminumnya setidaknya tiga jam sebelum tidur. Hindari juga kafein dalam waktu lima jam sebelum tidur. Fakultas Kedokteran Universitas Michigan mengatakan ceri asam, buah kiwi, dan ikan berlemak seperti salmon dan tuna dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

National Sleep Foundation merekomendasikan untuk menjaga suhu kamar tidur Anda antara 16 dan 19 derajat Celcius dan pastikan untuk menggunakan tirai untuk menghalangi cahaya masuk ke kamar tidur.

Jangan lupa berapa banyak Anda tidur, nona. Jumlah tidur sama pentingnya dengan kualitas tidur. Menurut CDC, anak sekolah membutuhkan 9 hingga 12 jam tidur, sedangkan remaja membutuhkan 8 hingga 10 jam. Orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur setiap malam.

Sumber: healthdigest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *