9 Trik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang Terbukti Secara Sains (Bagian 1)

9 Trik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang Terbukti Secara Sains (Bagian 1)

Posted on


Meningkatkan rasa percaya diri memang tidak mudah. Ada banyak tips dan trik yang tersedia di berbagai buku atau artikel motivasi, namun tidak semuanya terbukti secara ilmiah. Ya, meningkatkan rasa percaya diri juga ada ilmunya, ladies. Itu berpura-pura sampai kamu melakukannyalebih baik ikuti kata-kata ahlinya!

1. Duduk dan lihat ke atas

9 trik yang terbukti secara ilmiah untuk membangun kepercayaan diri (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Amy Cuddy, profesor psikologi sosial di Harvard Business School, mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa dia menemukan hubungan antara posisi tubuh dan hormon. Ketika Anda memposisikan tubuh Anda untuk mengambil lebih banyak ruang, Anda dapat meningkatkan kadar testosteron dan menurunkan kadar kortisol, kombinasi yang meningkatkan kepercayaan diri.

Caranya mudah, cukup duduk tegak di kursi Anda. Posisi ini akan membuat Anda merasa memegang kendali. Meskipun trik ini mungkin tampak seperti perubahan kecil, sebenarnya manfaatnya sangat besar. Juga, kebanyakan dari kita menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk di kursi.

Jika memungkinkan di tempat kerja, Cuddy menyarankan untuk menggantung gambar di dinding pada ketinggian yang memungkinkan Anda melihat ke atas. Secara umum, melakukan apa pun yang membuat Anda mengembangkan postur tubuh Anda akan memberi sinyal ke tubuh Anda — dan otak Anda — bahwa Anda adalah orang yang kuat dan cakap.

2. Lakukan pose “Wonder Woman” atau pose “Wall Street”

9 trik yang terbukti secara ilmiah untuk membangun kepercayaan diri (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Pose kekuatan Cuddy yang paling terkenal adalah berdiri dengan tangan di pinggul, juga dikenal sebagai pose Wonder Woman.

Gerakan kuat lainnya adalah: duduk, letakkan kaki Anda di atas meja atau meja, hubungkan tangan Anda dan letakkan di belakang kepala dengan siku runcing (para wanita mungkin pernah melihat gerakan ini dalam iklan deodoran, tetapi gaya ini juga dikenal sebagai ” Postur Wall Street”).

Catatan: Untuk mendapatkan manfaat kepercayaan diri, Anda harus menahan pose selama dua menit.

3. Tenang

9 trik yang terbukti secara ilmiah untuk membangun kepercayaan diri (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Alih-alih menyombongkan diri di depan cermin kamar mandi setiap pagi, menurut blogger dan peneliti perilaku manusia Eric Baker, “Berhentilah mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda hebat,” tulisnya. “Sebaliknya, fokuslah untuk memaafkan diri sendiri ketika Anda tidak melakukannya dengan baik.”

Baker menulis teori tersebut setelah menjelajahi karya Kristin Neff, PhD, seorang profesor psikologi pendidikan dan pakar welas asih UT Austin. Saat ia menulis dalam bukunya Self-Compassion, “Ketika rasa harga diri kita berasal dari menjadi manusia yang layak secara inheren – daripada bergantung pada pencapaian tujuan tertentu – rasa diri kita jauh lebih mudah terguncang.”

Baca juga: Tips Menerima dan Memperbaiki Melalui Kritik

Dia mengutip sebuah penelitian di mana subjek diminta untuk membayangkan berada di tim olahraga dan memiliki pertandingan besar atau tampil dalam drama dan melupakan dialog. Kemudian dia bertanya bagaimana perasaan mereka jika kejadian ini terjadi pada mereka. Orang-orang dengan lebih self-compassion “cenderung merasa terhina atau tidak kompeten, atau mengambil hal-hal terlalu pribadi,” tulisnya.

Lain kali Anda menemukan diri Anda melakukan kesalahan – yang pasti akan Anda lakukan karena tidak ada manusia yang sempurna – ikuti rekomendasi Barker atau “Perlakukan diri Anda dengan baik seperti Anda sering memperlakukan orang lain”.

4. Hapus dua frasa ini dari kosakata Anda: “Ini adalah kisah hidup saya” dan “Itu selalu terjadi pada saya”

9 trik yang terbukti secara ilmiah untuk membangun kepercayaan diri (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Coba ingat-ingat, kapan Anda akan mengatakan hal-hal ini? Bukankah itu biasanya ketika sesuatu yang buruk terjadi? Pembicaraan diri yang negatif ini buruk pada dua tingkat: itu tidak benar dan itu akan mengikis kepercayaan diri Anda.

Jonathan Fader, PhD, psikolog di New York Mets, telah menasihati atlet profesional di semua olahraga. Pasien harus mempertahankan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, jika tidak ia akan kehilangan pekerjaannya. Karena mereka harus terus tampil setelah kalah, mereka telah belajar untuk menahan diri dari membuat generalisasi yang suram dan menyapu seperti yang dilakukan banyak dari kita.

Fader menegaskan bahwa kegagalan bukanlah krisis tetapi “periode penyesuaian” atau “variasi yang dapat diterima secara statistik”. Jadi, alih-alih mengatakan “Mengapa saya selalu mengalami nasib buruk seperti ini?” katakan pada diri sendiri, “Hal-hal ini terjadi pada semua orang dari waktu ke waktu”.

Masih butuh tips dan trik untuk selalu percaya diri dalam situasi yang membuat panik? Nantikan part keduanya hanya di MeraMuda ya, ladies! Pantau terus!

Sumber: thehealthy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *