9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 1)

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 1)

Posted on


Jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan, Anda beruntung. Tapi masih banyak yang harus dilakukan untuk wanita kesejahteraan Anda. Faktanya, hal-hal yang Anda abaikan setiap hari mungkin merupakan tanda bahwa Anda tidak benar-benar memperhatikan diri sendiri. Baca terus untuk mengetahui apakah Anda mengalami gejala-gejala ini dan bagaimana menghindarinya.

1. Mengalami kabut otak besar

9 Tanda Diam Anda Tidak Merawat Diri Sendiri (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Setelah bangun dari tidur nyenyak, para wanita bangun dengan perasaan bingung dan kemudian Anda pergi tanpa membawa dompet atau ponsel Anda.

Soalnya, saat Anda pelupa, sebaiknya jangan langsung menganggapnya sebagai tanda penuaan, kata Martin G. Bloom, MD, ahli jantung dan ahli kedokteran fungsional.

Kabut otak dapat dikaitkan dengan hal-hal seperti kurang tidur dan stres, tetapi Dr. Bloom mengatakan kabut otak juga bisa menjadi indikasi sesuatu yang lebih serius, seperti ketidakseimbangan hormon yang berdampak pada masalah kognitif, misalnya. Bagi wanita khususnya, pikiran yang menyimpang dapat mengindikasikan disfungsi tiroid.

“Pertimbangkan tes darah komprehensif yang mengukur semua hormon dan biomarker Anda, dan tes tiroid komprehensif yang mengukur tidak hanya hormon tiroid Anda, tetapi juga antibodi tiroid, untuk menentukan akar penyebab kabut otak Anda,” katanya.

Karena mikrobiota usus dapat mempengaruhi seluruh tubuh, makan sehat dapat menyebabkan kejernihan dan kemampuan berkonsentrasi yang lebih besar. “Sebagian besar pasien kagum pada perbedaan yang dapat dibuat usus yang sehat dalam fungsi kognitif mereka. Mereka telah melaporkan merasa lebih tajam, lebih pintar, dan lebih cepat dengan peningkatan kemampuan untuk berkonsentrasi, mengingat sesuatu, dan melakukan tugas mental,” kata Dr. Bloom. lebih banyak makanan probiotik dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma pencernaan Anda, nona.

2. Libido rendah

Tuntutan pekerjaan atau hiruk pikuk menjadi orang tua dapat menggairahkan secara seksual; hal yang sama berlaku untuk tahun-tahun hubungan yang tampak kosong, bagi beberapa pasangan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang tes laboratorium untuk menganalisis hormon Anda, seperti testosteron, estradiol, estriol, progesteron, dll. Ketidakseimbangan hormon dapat dikaitkan dengan kondisi yang lebih serius, seperti kelelahan, depresi, penambahan berat badan, dan bahkan masalah jantung. “Tes hormon akan berfungsi sebagai peta jalan, dan 99% dari waktu tes akan mengungkap akar masalahnya,” kata Dr. Bloom.

3. Anda sangat stres

Baik itu pekerjaan, keluarga, hubungan, atau masalah umum dengan dunia tempat kita hidup, stres terus-menerus dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Kortisol, hormon stres, dapat tetap tinggi, kata Dr. Bloom: “Ketika kadar kortisol tidak seimbang atau meningkat, itu dapat membuat kita murung, cemas, depresi, atau menderita fungsi kognitif yang buruk, sekaligus menurunkan libido dan harga diri. Kortisol yang tinggi juga dapat menyebabkan peningkatan lemak tubuh dan peradangan, yang dapat menyebabkan rendahnya rasa percaya diri, frustrasi dan berkurangnya energi dan kesejahteraan umum, “katanya.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Menenangkan Pikiran Saat Stres Berat

Seperti kabut otak, Dr. Bloom mendorong pasien untuk memulai jalan relaksasi melalui usus mereka. “Stres adalah sesuatu yang dapat dikelola dan diperbaiki dengan dukungan yang tepat, dan mengurangi stres dapat menjadi pemain utama dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan,” tambahnya.

4. Merasa mengantuk sepanjang waktu

9 Tanda Diam Anda Tidak Merawat Diri Sendiri (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Selain melatih Anda untuk berolahraga dan menjaga pola makan yang baik, tidur malam Anda adalah kunci kesehatan, nona. Jadi, ketika Anda kesulitan untuk tidur dan tetap tidur, atau merasa tidak pernah cukup istirahat, bicarakan dengan dokter Anda sesegera mungkin, saran Dr. Bloom.

Anda mungkin sedang berjuang dengan sleep apnea, gangguan tidur di mana saluran udara Anda runtuh dan mengganggu siklus tidur Anda sepanjang malam. Kondisi ini terkait dengan tekanan darah tinggi, penambahan berat badan, dan penyakit jantung.

Tidur juga penting untuk mengatur ulang jam internal Anda, kata Dr. Bloom: “Dalam skenario yang sempurna, tubuh Anda akan memiliki pola tidur regeneratif yang menakjubkan,” jelasnya. Seiring bertambahnya usia, beberapa kadar hormon internal ini menjadi tidak seimbang, yang dapat menyebabkan efek domino ketidakseimbangan dan kekurangan, yang mengakibatkan kurang tidur. Percakapan sederhana dengan dokter Anda dapat mengingatkannya tentang semua tes yang mungkin Anda perlukan untuk menemukan apa yang tidak seimbang dalam tubuh Anda, membantunya mengubah kebiasaannya, dan memberi Anda waktu tidur yang Anda butuhkan.

Ada lima tanda lagi yang perlu kamu ketahui, ladies. Nantikan part keduanya hanya di MeraMuda!

Sumber: thehealthy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.