5 Penyebab Perut Buncit dari Kebiasaan Buruk Sehari-Hari

5 Penyebab Perut Buncit dari Kebiasaan Buruk Sehari-Hari

Posted on


Penyebab perut buncit itu sebenarnya bisa disebabkan oleh kebiasaan kita sehari-hari ya ladies. Tanpa disadari, ada kebiasaan tertentu yang kita jalani yang menyebabkan perut Anda menjadi lebih besar. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan rutinitas Anda para wanita. Mungkin Anda merasa tidak banyak makan, namun tiba-tiba pakaian Anda terasa sempit.

Baca juga: 3 Rekomendasi Olahraga Mengecilkan Perut Menurut Pelatih!

Itu membuat penampilan kita kurang percaya diri. Apalagi setelah pandemi seperti ini yang sudah mulai kembali beraktivitas di luar ruangan. Nah Ladies, inilah mengapa kita perlu mengetahui apa saja penyebab dari kebiasaan sehari-hari yang membuat perut kita kembung. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang tidak kita sadari ternyata membuat perut Anda buncit, antara lain:

1. Kurang tidur menyebabkan perut buncit

kurang tidur penyebab perut buncit
Sumber: pexels.com

Ladies, ada banyak kemungkinan penyebab kenaikan berat badan dan perut kembung karena kurang tidur. Ini termasuk peningkatan asupan makanan, perubahan hormon rasa lapar, dan kurangnya aktivitas fisik karena kelelahan.

Itu sebabnya, menurut peneliti Wake Forest, orang yang tidur lima jam atau kurang memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak daripada mereka yang tidur lebih banyak. Nah, ini salah satu kebiasaan buruk yang perlu kamu ubah.

2. Makanan dan minuman manis menyebabkan perut buncit

Makan yang manis bikin perut buncit
Sumber: pexels.com

Ladies, apakah Anda suka makanan dan minuman manis? Jika demikian, Anda harus segera menguranginya. Hal ini dikarenakan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses dalam waktu yang lama. Sehingga mengakibatkan penumpukan lemak visceral di perut, apalagi jika Anda tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Bahkan jika Anda makan makanan dan minuman manis, jangan berlebihan. Namun, ada baiknya membatasi konsumsi gula. Sebagai gantinya, pilihlah air putih, kopi/teh tanpa pemanis, dan makanan tanpa pemanis, nona.

3. Duduk lama

duduk lama sebabkan perut buncit
Sumber: pexels.com

Tanpa disadari, kebiasaan duduk dalam waktu lama menjadi salah satu penyebab perut kembung, ladies. Bahkan jika seseorang aktif secara fisik, kebiasaan duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kesehatan dan meningkatkan lebar pinggang.

Sebuah survei penting di Amerika Serikat menemukan bahwa duduk dalam waktu lama menyebabkan peningkatan berat badan dan lingkar pinggang yang signifikan pada pria dan wanita.Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang duduk lebih dari 8 jam sehari (tidak termasuk jam tidur) memiliki 62% peningkatan risiko obesitas dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 4 jam sehari.

Ladies, mungkin ada aktivitas seperti pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk diam dalam waktu lama. Anda bisa mengatasinya dengan olahraga atau aerobik 150 menit seminggu untuk mengurangi lemak visceral di perut Anda.

4. makan terlalu cepat

Makan cepat menyebabkan perut buncit
Sumber: pexels.com

Ladies, makan cepat juga menjadi penyebab perut kembung. Ketahuilah bahwa dibutuhkan 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa apa yang Anda makan sudah cukup. Jadi, jika Anda makan terlalu cepat, Anda secara tidak sadar akan makan lebih banyak sebelum otak Anda memberi sinyal bahwa itu sudah cukup.

Sebuah studi di Jurnal Asosiasi Diet Amerika menemukan bahwa pemakan lambat mengkonsumsi 66 kalori lebih sedikit daripada pemakan cepat. Ladies, jika Anda terbiasa makan cepat, cobalah sedikit melambat. Hal ini untuk mencegah Anda makan dalam porsi yang lebih besar. Sehingga bisa mengurangi penumpukan di perut, ladies.

5. Anda tidak minum cukup air

Kurang minum air putih bikin perut buncit
Sumber: pexels.com

Ladies, asupan air yang cukup sangat penting untuk semua fungsi tubuh. Faktanya, semakin banyak Anda minum, semakin baik peluang Anda untuk menghilangkan lemak perut. Untuk itu, ada baiknya sekarang terapkan kebiasaan minum air putih yang cukup ya, ladies.

Inilah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari menyebabkan perut buncit. Jadi ubah kebiasaan ini sekarang untuk mengurangi lemak perut. Bukan hanya perut buncit, mengubah kebiasaan tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh lho, Ladies!

Sumber: makan ini, garis kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.