4 Praktik Menyeimbangkan Kesehatan Usus saat Traveling

4 Praktik Menyeimbangkan Kesehatan Usus saat Traveling

Posted on


perjalanan atau bepergian itu menyenangkan, tetapi aspek perjalanan itu sendiri bisa menjadi perjuangan. Bukan hanya stres sebelum penerbangan atau mabuk perjalanan, perjuangan batin bepergian mulai dari kecemasan hingga ketidaknyamanan fisik seperti kram otot, sakit punggung, perut kembung, yang sering dikaitkan dengan stagnasi dan duduk lama. Berita buruknya adalah mereka semua dapat menyebabkan masalah usus.

“Ketika Anda duduk untuk waktu yang lama atau tidak bergerak, motilitas usus Anda menurun, yang berarti gas di usus Anda disimpan di usus Anda dan Anda tidak mengeluarkannya,” jelas ahli gastroenterologi bersertifikat Niket Sonpal. , MD, FACP, DABIM. Juga, ketika Anda tidak bisa bangun dan buang air besar atau kentut, Anda mungkin mengalami kembung dan ketidaknyamanan tambahan.

“Alasan kedua Anda begitu gas di pesawat terutama fisika – Hukum Boyle, tepatnya,” kata Dr Sonpal. Saat naik pesawat, tekanan yang diberikan pada perut meningkat. “Hukum Boyle menyatakan bahwa jika Anda melihat wadah berisi gas, seperti balon atau usus manusia, ketika suhunya konstan, Anda akan melihat bahwa ketika tekanan di sekitarnya berkurang, balon mengembang, dan sebaliknya,” kata – dia.

Inilah sebabnya mengapa perut Anda dapat tumbuh dan terisi dengan gas saat bepergian atau dalam penerbangan. Ini juga menjelaskan mengapa Anda lebih rentan kentut dan kram perut selama dan setelah penerbangan saat tubuh Anda beradaptasi, mungkin melepaskan gas yang terpendam.

Kabar baiknya adalah Anda dapat menjaga usus tetap sehat saat bepergian dengan beberapa tips sederhana. Berikut adalah beberapa yang perlu diingat pada perjalanan Anda berikutnya, menurut Dr. Sonpal.

1. Perbanyak minum air putih

Tetap terhidrasi sangat penting saat bepergian karena dapat mengurangi gas, kembung, kram, dan sakit perut.

“Saya memberi tahu pasien untuk minum sebotol air sebelum penerbangan, selama dan bahkan setelah penerbangan,” kata Dr. Sonpal.

Selalu bawa botol air favorit Anda, atau Anda juga bisa minum cairan elektrolit dan minum setiap jam atau lebih secara teratur sepanjang hari. Ladies bisa mempraktekkan kebiasaan ini sehari sebelum perjalanan dan mempertahankannya sehari setelah tiba di tempat tujuan.

2. Pertahankan pola tidur yang teratur

4 Praktik Menyeimbangkan Kesehatan Usus Saat Bepergian
Foto: www.pexel.scom

Tidur tanpa pola normal di tempat dapat mendatangkan malapetaka pada usus dan sistem pencernaan Anda. “Sistem pencernaan menyukai prediktabilitas, jadi tidur malam yang baik membuat usus besar bekerja dan membuat Anda tetap teratur,” katanya. “Jika Anda tidak tidur, sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik dan Anda mengalami konstipasi dan kembung,” jelas Dr. Sonpal.

Ini bisa jadi sulit ketika bepergian ke tujuan yang bersifat internasional, karena ada aspek jet lag dan penyesuaian. Namun, sebaiknya sesuaikan tubuh Anda dengan kondisi di tempat tujuan jika Anda bisa, dan pertahankan ritme dan jadwal tidur yang sesuai dengan siang dan malam.

3. Berjalan dan bergerak

4 Praktik Menyeimbangkan Kesehatan Usus Saat Bepergian
Foto: www.pexel.scom

Berjalan sebanyak mungkin atau mempertahankan beberapa tingkat aktivitas dan gerakan teratur dapat membantu mencegah konstipasi dan penumpukan gas.

“Jika Anda berjalan-jalan, Anda mengontraksikan otot usus Anda, yang berarti hal-hal di perut Anda, seperti gas, dilepaskan sebagaimana mestinya dan saat Anda bergerak,” kata Dr. Sonpal. Selain itu, segala bentuk gerakan juga baik untuk meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko pembekuan darah atau pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Ini sangat penting selama penerbangan, karena kebutuhan untuk duduk diam untuk waktu yang lama, efek dehidrasi dari penerbangan, dan ketinggian yang lebih tinggi.

Baca juga: 7 rekomendasi diet untuk detoksifikasi usus

Manfaat lain dari berdiri untuk meregangkan kaki adalah Anda dapat melepaskan gas dengan tenang.

“Berjalan di pesawat, atau berjalan-jalan di bandara sebelumnya, akan membuat Anda mengeluarkan gas, dan mungkin menghilangkan kecemasan yang mungkin Anda miliki tentang kentut saat duduk di sebelah orang asing,” kata Dr. Sonpal. Bergerak berarti Anda cenderung tidak menyalahkan diri sendiri karena mencium bau kentut Anda atau, lebih baik lagi, mandi dan mengeluarkan semua gas.

Hal yang sama berlaku untuk perjalanan panjang dengan mobil sebagai alat transportasi juga. Berhenti di kafe lokal atau jelajahi area baru dalam perjalanan ke tujuan Anda, atau bahkan rencanakan beberapa pemberhentian untuk mengambil beberapa langkah.

4. Makan cukup serat

4 Praktik Menyeimbangkan Kesehatan Usus Saat Bepergian
Foto: www.pexel.scom

Makan serat sangat penting untuk kesehatan usus dan pencernaan, dan Anda bisa mendapatkan berbagai macam buah dan sayuran, biji-bijian, probiotik dan prebiotik, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

“Serat, sepanjang hari, setiap hari, adalah kuncinya,” kata Dr. Sonpal. “Anda harus menganggap serat sebagai angkat beban untuk usus besar, di mana jika Anda melewatkan satu sesi, usus Anda tidak akan terasa enak,” katanya. Pikirkan tentang bagaimana tubuh Anda merespons latihan beban yang terlewatkan dan bagaimana otot lengan dan kaki Anda mungkin terasa lebih lemah dari waktu ke waktu.

“Hal yang sama berlaku untuk perjalanan dan serat, dan jika Anda melewatkan beberapa hari atau tidak memperhatikan asupan serat Anda, Anda akhirnya menderita sembelit dan perut kembung,” kata Dr. Sonpal. Tip yang bagus: makanlah sayuran sebelum Anda bepergian, karena kaya akan serat.

Semoga berhasil, wanita!

Sumber: wellandgood.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *