12 Cara Membantu Penderita Depresi, Menurut Psikolog (Bagian 2)

12 Cara Membantu Penderita Depresi, Menurut Psikolog (Bagian 2)

Posted on


Membantu kerabat, sahabat, teman atau mungkin orang yang Anda cintai yang menderita depresi bisa terasa sulit. Namun, kenyataannya… lebih sulit dari itu, nona. Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, bantuan Anda akan berbalik melawan Anda. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu kenalan Anda yang menderita depresi? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Berhati-hatilah untuk tidak mempermalukan temanmu

12 cara untuk membantu orang dengan depresi, menurut psikolog (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Depresi datang dengan perasaan malu, jadi berhati-hatilah agar kata-kata Anda, yang mungkin bermaksud baik, tidak memperkuat persepsi itu. Bahkan mengatakan hal-hal seperti, “Lihat sisi baiknya” dapat memperkuat gagasan bahwa perasaan mereka entah bagaimana salah.

“Tidak jarang seseorang dengan depresi berpikir, ‘Saya memiliki begitu banyak hal untuk saya sehingga saya tidak mengerti mengapa saya tidak bisa menghargainya, mengapa saya selalu depresi, dan saya merasa bersalah karena merasa seperti ini’, kata Fletcher.

Menyindir bahwa teman Anda seharusnya tidak merasakan apa yang dia rasakan dapat memperburuk rasa malunya.

Jadi apa yang Anda katakan kepada seseorang yang menderita depresi tanpa memperburuknya?

“Anda dapat mendukungnya dengan mengatakan, ‘Ini sulit dan saya tahu Anda kuat’ dan ‘Saya di sini untuk mendukung Anda saat Anda mencoba menjadi lebih baik,'” Fletcher menjelaskan.

2. Hindari cinta yang kuat

12 cara untuk membantu orang dengan depresi, menurut psikolog (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Anda mungkin berpikir bahwa Anda telah membantu teman Anda dengan mengambil tindakan keras terhadapnya, tetapi kenyataannya adalah sebaliknya.

“Depresi adalah penyakit, bukan kelemahan karakter, perubahan sikap, kemalasan atau kurangnya usaha,” kata Serani. “Anda tidak akan pernah menyuruh pasien kanker untuk bersabar dan berusaha lebih keras untuk menjadi lebih baik. Tapi kami melakukannya untuk orang dengan gangguan mood. Sebaliknya, validasi bahwa depresi itu nyata dan sulit. Biarkan mereka tahu bahwa Anda bersama mereka di setiap langkah.

3. Beri diri Anda kelonggaran, tetapi jangan biarkan perilaku buruk

12 cara untuk membantu orang dengan depresi, menurut psikolog (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Iritabilitas adalah gejala depresi. Jadi, meskipun Anda mungkin memaafkan kekasaran atau ketidakpekaan teman Anda terhadap Anda, jangan pernah bersiap untuk menjadi karung tinju. “Dengan melakukan itu, Anda hanya membenarkan perilakunya yang tidak sehat,” kata Fletcher.

“Sebaliknya katakan, ‘Ketika Anda mengatakan itu, itu menyakitkan saya dan saya ingin Anda tahu bahwa saya tidak percaya itu adalah niat Anda. Saya tahu hal-hal sulit bagi Anda dan saya ingin membantu Anda, tetapi saya juga ingin membuat tentu aku jujur ​​padamu. Aku tahu persahabatan kita sangat berarti bagi kita berdua dan aku ingin memastikan kita bisa berkomunikasi secara terbuka.”

Baca juga: 5 Cara Hindari Depresi, Kesehatan Mental Prioritas Utama

4. Dukung mereka untuk bertemu dengan para profesional

12 cara untuk membantu orang dengan depresi, menurut psikolog (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Yang ini sedikit rumit: wanita ingin mendorong dan mendukung mereka untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan saat mereka siap.

“Saya pikir pendekatan terbaik adalah mengatakan, ‘Saya peduli dengan kesehatan Anda dan akan dengan senang hati membantu Anda menemukan terapis yang baik’ atau ‘Saya tahu Dr. X adalah spesialis depresi, maukah Anda membantu saya membuat janji? ?” kata Serani. “Reaksi temanmu akan memberitahumu apa selanjutnya.

Jika teman Anda kewalahan untuk membuat janji, para wanita dapat menelepon untuk menjadwalkannya. Fletcher bahkan menyarankan untuk mengajak kekasih Anda berkencan dan duduk di ruang tunggu. Dalam perjalanan pulang, Ladies dapat membantunya memahami apa yang dikatakan dokter. Namun, jika teman Anda belum siap untuk terapi, tidak apa-apa. Setidaknya Anda memiliki ide dalam pikiran.

5. Dapatkan bantuan untuk diri sendiri juga

12 cara untuk membantu orang dengan depresi, menurut psikolog (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Salah satu bagian tersulit dalam membantu orang dengan depresi adalah mengingat untuk menjaga diri sendiri.

“Ketika seorang teman hidup dengan penyakit kronis seperti depresi, Anda ingin memastikan kesejahteraan Anda tidak terganggu, jadi sangat penting untuk meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri,” kata Serani. Juga, jangan biarkan hubungan dan komitmen Anda menderita, dan sadari bahwa tidak apa-apa jika Anda perlu berbicara dengan terapis, pemimpin agama, atau kelompok pendukung.

6. Waspadai Bahaya Mendesak

12 cara untuk membantu orang dengan depresi, menurut psikolog (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Depresi bisa mengancam nyawa. Itulah mengapa penting untuk mengenali tanda-tanda dan menelepon 112 atau membawa teman Anda ke ruang gawat darurat jika perlu.

“Lebih dari 70% penderita depresi akan kambuh, jadi sangat penting untuk menganggap serius perubahan perilaku atau pernyataan emosional yang tiba-tiba, terutama yang menunjukkan keputusasaan, bunuh diri, kematian atau tidak ingin ‘sakit’ lagi,” kata Serani. dikatakan. .

Ironisnya, keadaan tenang yang tidak biasa juga dapat menunjukkan bahwa segala sesuatunya mencapai puncaknya. Buatlah “rencana darurat” dengan kenalan Anda yang menderita depresi. Ini mungkin termasuk siapa yang harus dihubungi dan apa yang harus dilakukan jika mereka tampak dalam bahaya.

Nah, itulah 12 cara untuk membantu kenalan Anda berjuang melawan depresi. Berani dan jangan lupa perhatikan kondisi kesehatanmu ya, ladies!

Sumber: thehealthy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *