11 Kesalahan Kesehatan yang Mungkin Kamu Lakukan Secara Tidak Sadar (Bagian 2)

11 Kesalahan Kesehatan yang Mungkin Kamu Lakukan Secara Tidak Sadar (Bagian 2)

Posted on


Sebagai seorang wanita, Anda sering mengabaikan kesehatan Anda. Namun, mulai sekarang, kamu harus segera menyempatkan diri untuk kembali memprioritaskan kesehatan, ladies. Di bawah ini, setidaknya ada 11 kesalahan kesehatan umum yang tidak disadari wanita. Pastikan Anda membaca bagian lainnya!

1. Lupakan tabir surya

11 kesalahan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari (bagian 2)
Foto: pexels.com

Oleskan tabir surya bahkan pada hari berawan karena hampir 80% sinar ultraviolet (UV) dapat menembus kulit, menurut American Academy of Dermatology Association (AAD).

Tabir surya juga dapat membantu mencegah kanker kulit. The Skin Cancer Foundation merekomendasikan untuk mengoleskan tabir surya minimal SPF 30 setiap hari. Prosedur sederhana ini mengurangi risiko karsinoma sel skuamosa sekitar 40% dan melanoma hingga 50%.

Manfaat lain menggunakan tabir surya adalah membantu mencegah kerutan dini, kulit kendur, dan bintik matahari. Jika ingin perlindungan maksimal, tambahkan payung dan kacamata anti UV, ladies!

2. Tidak melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan

11 kesalahan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari (bagian 2)
Foto: pexels.com

Kapan terakhir kali Anda melihat dokter? Dalam hal pencegahan, pentingnya pemeriksaan kesehatan secara teratur tidak dapat dilebih-lebihkan. Bagi kebanyakan wanita, ini termasuk pemeriksaan tahunan dan mammogram, serta pap smear secara teratur (biasanya setiap tiga hingga lima tahun).

Selama ujian tahunan Anda, seorang OB/GYN atau praktisi perawat dapat membantu Anda mendiskusikan masalah kesehatan seksual dan reproduksi, melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan tes Pap jika diperlukan. Tes Pap adalah tes yang digunakan untuk mendeteksi kanker serviks, jelas Johns Hopkins Medicine. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, dokter Anda mungkin juga memilih untuk memberi tahu Anda tentang cara mengikuti gaya hidup sehat dan meminimalkan risiko kesehatan.

Untuk deteksi dini kanker payudara, American Cancer Society merekomendasikan mammogram tahunan untuk semua wanita berusia antara 45 dan 54 tahun. Orang berusia antara 40 dan 45 tahun harus memiliki akses ke mammogram jika mereka mau, dan wanita di atas 55 tahun dapat beralih ke pemeriksaan setiap dua tahun.

3. Abaikan rasa sakitnya

11 kesalahan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari (bagian 2)
Foto: pexels.com

Mungkin cedera baru-baru ini terlalu lama untuk sembuh, sakit punggung Anda semakin parah, atau Anda sering sakit kepala.

Anda mungkin merasa terlalu sibuk untuk memeriksakannya atau percaya bahwa rasa sakit itu hanyalah bagian normal dan akan hilang dengan sendirinya. Memang benar bahwa wanita lebih mungkin mengalami nyeri kronis, tetapi bukan berarti Anda harus menghadapinya.

“Nyeri adalah alarm tubuh,” Dr Anne Louise Oaklander, profesor neurologi di Harvard Medical School, WebMD. Apakah rasa sakit di tubuh bermanifestasi sebagai migrain, sakit punggung atau kekakuan sendi, wanita harus selalu berkonsultasi dengan dokter mereka jika ada masalah. Mereka dapat mengeksplorasi penyebab potensial dan membuat rekomendasi perawatan yang dipersonalisasi.

Jika tidak diobati, rasa sakit dapat mempengaruhi mobilitas dan kemampuan untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari, yang dapat menyebabkan kematian dini (per Medical Guardian). Jika Anda mengalami nyeri kronis, hubungi dokter Anda sesegera mungkin. Diagnosis dan pengobatan dini biasanya mengarah pada hasil kesehatan terbaik.

4. Mengambil Terlalu Banyak Suplemen

11 kesalahan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari (bagian 2)
Foto: pexels.com

Sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan makanan dan bukan dengan suplemen makanan. Menurut Mayo Clinic, makanan utuh memberikan nutrisi yang lebih baik, serat esensial dan zat pelindung seperti antioksidan.

Ada kalanya suplemen bermanfaat. Namun sebelum bertindak sendiri, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Anehnya, ada sedikit bukti bahwa suplemen melindungi terhadap kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskular atau kanker (per Harvard Health).

Menurut Everyday Health, beberapa wanita mungkin mendapat manfaat dari suplemen tertentu, termasuk kalsium, minyak ikan, folat, vitamin B, CoQ-10, vitamin D, dan lutein.

Baca juga: 7 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan Menurut Ilmu Pengetahuan

Mengambil suplemen yang salah, atau bahkan terlalu banyak, bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Beberapa suplemen menyebabkan efek samping yang serius, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Salah satu efek potensial adalah peningkatan perdarahan, yang bisa berbahaya, menurut Office of Dietary Supplements.

Suplemen juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan, mengurangi efektivitasnya. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda tentang potensi interaksi dengan antidepresan, obat jantung, atau pil KB.

5. Hindari benang gigi

11 kesalahan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari (bagian 2)
Foto: pexels.com

Menurut pernyataan dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS kepada American Dental Association, “flossing adalah praktik kebersihan mulut yang penting. Kerusakan gigi dan penyakit gusi dapat berkembang ketika plak menumpuk di gigi dan di sepanjang garis gusi. Pembersihan profesional, menyikat dan membersihkan sela-sela gigi (flossing dan menggunakan alat lain seperti sikat interdental) telah terbukti menghilangkan plak.

6. Kurang minum air putih

11 kesalahan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari (bagian 2)
Foto: pexels.com

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan kinerja fisik, meningkatkan energi dan fungsi kognitif, menurunkan berat badan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Pedoman umum yang telah lama ditetapkan untuk asupan air adalah minum delapan gelas 8 ons (64 ons) sehari, tetapi kebutuhan dapat bervariasi menurut jenis kelamin, berat badan, usia, lingkungan, dan tingkat aktivitas. Kehamilan dan menyusui juga dapat memengaruhi jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh Anda. Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS merekomendasikan agar wanita minum 11,5 cangkir, atau 92 ons (melalui Mayo Clinic).

Untuk memastikan Anda cukup minum, cobalah mengisi botol air Anda setiap pagi dengan jumlah yang disarankan setiap hari. Pastikan untuk membersihkan botol air secara menyeluruh setiap malam.

Jika Anda bukan penggemar berat air, pertimbangkan untuk minum minuman tanpa pemanis dan bebas kafein. Misalnya, teh herbal dan air seltzer bisa menjadi pilihan yang baik. Jika Anda jarang haus dan urin Anda tidak berwarna atau kuning muda, Anda mungkin terhidrasi dengan baik. Melanjutkan!

Berikut adalah 11 kesalahan kesehatan yang umum dilakukan wanita. Siap mengoreksi kesalahan Anda, ladies?

Sumber: healthdigest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *