11 Kebiasaan Kesehatan Buruk yang Harus Dihentikan Secepat Mungkin! (Bagian 1)

11 Kebiasaan Kesehatan Buruk yang Harus Dihentikan Secepat Mungkin! (Bagian 1)

Posted on


Lades mungkin berpikir hal-hal yang disebutkan di bawah ini bukan masalah besar. Namun, selidiki, kebiasaan buruk ini bisa membahayakan tubuh Anda seiring waktu, lho. Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk di bawah ini?

1. Tahan kencing

11 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hentikan SECEPATNYA!  (Bagian 1)
Foto: kesehatan

Ketika wanita harus buang air kecil, segera buang air kecil! Menahannya terlalu lama tidak baik untuk kesehatan Anda.

“Urin seperti aliran atau sungai,” kata Grant Fowler, MD, wakil presiden kedokteran keluarga dan komunitas di McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center di Houston (UTHealth) dan anggota staf medis Memorial Medical Center Hermann -Texas. “Jika Anda memblokirnya, alirannya menjadi stagnan dan memberi bakteri kesempatan untuk tumbuh di kandung kemih Anda, dan akhirnya bergerak ke hulu ke ginjal Anda. Menjaganya agar tetap mengalir meminimalkan risiko infeksi.

Asif Ansari, MD, direktur medis dari Montefiore Medical Group, mengatakan menahan buang air kecil dapat menempatkan Anda pada risiko infeksi kandung kemih, ginjal dan bahkan prostat (pada pria), terutama jika Anda memiliki kondisi urologis, penyakit yang mendasari atau jika Anda sedang hamil.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menahan kencing terlalu lama sebenarnya dapat meregangkan kandung kemih, suatu kondisi yang disebut “sindrom buang air kecil yang jarang”. Juga, jika Anda tidak buang air kecil empat sampai tujuh kali sehari (setidaknya setiap empat sampai enam jam), Anda mungkin tidak minum cukup cairan dan Anda bisa mengalami dehidrasi.

2. Terus-menerus mengunyah permen karet

11 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hentikan SECEPATNYA!  (Bagian 1)
Foto: piksel

Anda mungkin berpikir bahwa mengunyah permen karet akan memberi Anda udara segar atau membantu meredakan ketegangan. Tetapi jika Anda mengunyah permen karet sepanjang waktu, kebiasaan ini dapat membuat rahang Anda terlalu tegang.

“Sendi temporomandibular – di bagian atas rahang – adalah sendi sinovial seperti yang terlihat di lutut,” kata Jeannette South-Paul, MD, direktur medis Divisi Layanan Kesehatan Masyarakat UPMC, Profesor Andrew W. Mathieson dan Ketua Departemen Kedokteran Keluarga di University of Pittsburgh, Sekolah Ilmu Kesehatan. “Jika Anda menggunakan sendi ini terlalu banyak, Anda dapat mengembangkan radang sendi, klik dan nyeri.” Selain itu, menelan terlalu banyak udara saat mengunyah permen karet dapat menyebabkan sakit perut, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).

3. Menggigit kuku

11 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hentikan SECEPATNYA!  (Bagian 1)
Foto: kesehatan

Kebiasaan gugup lainnya yang tidak terlalu baik untuk dipertahankan adalah menggigit kuku.

“Menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan infeksi pada kulit di sekitarnya, yang disebut paronychia,” kata Dr. Ansari. “Juga dapat memasukkan virus ke dalam tubuh, menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi lainnya,” katanya.

Dr. Fowler mengatakan kebiasaan ini juga dapat merusak gigi Anda, bahkan merusaknya! Juga, alasan psikologis mengapa Anda melakukannya perlu ditangani. “Menggigit kuku biasanya merupakan kebiasaan yang tidak disadari yang sering diperburuk oleh kecemasan,” kata Dr. Chasseur. “Apa yang membuatmu begitu cemas?” Kecemasan itu sendiri mungkin tidak berbahaya, tetapi dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa menggigit kuku juga disebabkan oleh kebosanan dan frustrasi, dua sifat perfeksionisme, menurut penelitian tersebut.

4. Hindari menyikat gigi atau benang gigi (menggunakan benang gigi)

11 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hentikan SECEPATNYA!  (Bagian 1)
Foto: piksel

Pernahkah Anda merasa malas dan lelah untuk merawat gigi? Jangan khawatir, kita semua pernah mengalaminya, nona. Namun ingat, tidur tanpa menyikat gigi atau flossing ternyata memiliki efek yang lebih buruk dari yang Anda kira, apalagi jika sudah terbiasa.

“Gagal menyikat atau menggunakan benang gigi adalah risiko terbesar kerusakan gigi,” kata Dr. Chasseur. “Dan gigi yang buruk merupakan faktor risiko untuk banyak hal, termasuk superinfeksi besar-besaran dan malnutrisi, terutama pada orang tua, serta penyakit kardiovaskular.”

Wah, penyakit jantung? Nah, hubungan antara gigi dan jantung tidak sepenuhnya dipahami, tetapi penelitian telah menunjukkan hubungan antara kedua organ ini.

Teorinya adalah bahwa bakteri di mulut dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah, menciptakan peradangan di pembuluh darah, menurut Klinik Cleveland.

Sikat gigi Anda dua kali sehari, benang gigi sekali sehari, dan temui dokter gigi Anda secara teratur setidaknya setiap enam bulan untuk menghindari hal ini.

“Kegagalan untuk mengikuti rutinitas ini berkontribusi pada gigi berlubang dan radang gusi – infeksi dan radang gusi – penyebab utama kehilangan gigi dini,” kata Dr. Sud-Paul.

Dr. Fowler juga merekomendasikan penggunaan sikat gigi elektrik yang dapat menjangkau tempat-tempat yang terlewatkan oleh sikat gigi biasa.

5. Menatap komputer sepanjang hari

11 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hentikan SECEPATNYA!  (Bagian 1)
Foto: kesehatan

Menatap layar komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah penglihatan, termasuk ketegangan mata dan bahkan kerusakan retina, kata Dr. Ansari. Penelitian dari National Eye Institute menunjukkan bahwa rabun jauh di antara orang Amerika berusia 12 hingga 54 tahun telah meningkat dari 25% menjadi 42% sejak 1971, kemungkinan karena waktu yang dihabiskan di dalam ruangan menatap layar.

Ansari merekomendasikan untuk mengikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, berhentilah selama 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki. “Ini mengurangi ketegangan mata dan juga meningkatkan kedipan mata, yang dapat menenangkan mata yang kering dan teriritasi,” katanya. Plus, menatap layar yang terang (termasuk ponsel dan tablet) menurunkan kualitas tidur, katanya, jadi letakkan ponsel Anda sebelum tidur.

Masih banyak kebiasaan-kebiasaan biasa yang sebenarnya buruk untuk dilakukan. Apa itu? Nantikan bagian kedua!

Sumber: thehealthy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.